Direktorat Riset dan Kajian Strategis IPB (DRKS) dibentuk pada tanggal 6 Maret 2008 berdasarkan Keputusan Rektor Institut Pertanian Bogor nomor 023/I3/OT/2008 tentang perubahan nama dan penghapusan satuan kerja pelaksana administrasi tingkat institut di lingkungan Institut Pertanian Bogor. Pada tahun 2013 terjadi perubahan struktur organisasi di IPB, sesuai SK Rektor IPB Nomor 164/IT3/OT/2013 tentang Perubahan Nama dan Penghapusan Satuan Kerja Unsur Pelaksana Administrasi dan Sekretariat Institut di Lingkungan Institut Pertanian Bogor dan berdasarkan Ketetapan MWA Nomor 125/MWA-IPB/2013, Direktorat Riset dan Kajian Strategis (DRKS) IPB saat ini berubah nama menjadi Direktorat Riset dan Inovasi (DRI) IPB. Secara struktur, DRI IPB berada di bawah koordinasi Wakil Rektor Bidang Riset dan Kerjasama (WRRK), yang terdiri atas tiga Sub Direktorat, yaitu (1) Sub Direktorat Agenda Riset dan Publikasi, (2) Sub Direktorat Hak Kekayaan Intelektual dan Inovasi, dan (3) Sub Direktorat Akselerasi Inovasi.

 

Tugas Pokok:

DRI melaksanakan tugas strategis dan pengembangan riset unggulan, inovasi prospektif, dan publikasi ilmiah IPB dalam rangka meningkatkan peranan dan kontribusi IPB terhadap pengembangan pertanian dan daya saing bangsa.

 

Fungsi :

  1. pengembangan Rencana Induk Penelitian (RIP) dan pangkalan data riset dan inovasi;
  2. pemberian fasilitas perintisan riset unggulan IPB dan kerjasama riset internasional;
  3. pelaksanaan koordinasi peningkatan pemanfaatan kapasitas riset institut melalui prinsip resource sharing;
  4. pelaksanaan koordinasi publikasi ilmiah yang memiliki reputasi di tingkat nasional dan internasional;
  5. pelaksanaan koordinasi program peningkatan perolehan, pengelolaan, diseminasi, serta pendayagunaan paten dan HKI lainnya;
  6. pelaksanaan diseminasi dan pendayagunaan inovasi prospektif melalui peningkatan peran galeri inovasi dan wahana interaksi para pihak meliputi akademisi, swasta, pemerintah, dan masyarakat; dan
  7. pelaksanaan difusi dan akselerasi inovasi prospektif kepada para pihak meliputi swasta, pemerintah, dan masyarakat melalui program inkubasi inovasi, technopreneurship, dan mentoring.

Lebih lengkap kunjungi http://dri.ipb.ac.id/