UJUPALA adalah permen jeli berserat tinggi dari pasta ubi jalar ungu dan ekstrak daging buah pala menjadikannya pangan fungsional dengan kandungan serat pangan larut 6.25±0.15%, total fenol 193.87±2.82 mg GAE/g, dan energy total 32 kkal per 100 g sajian. Kandungan tersebut menjadikan permen jeli UJUPALA memiliki khasiat menjaga kesehatan tubuh, mencegah resiko penyakit degenerative sekaligus meningkatkan keanekaragaman produk berbahan dasar pasta ubi jalar ungu dan daging buah pala.

Read More

Keripik kentang merupakan makanan yang digemari oleh masyarakat. Pemilihan kultivar kentang yang tepat adalah faktor penting untuk menghasilkan keripik yang enak dan renyah. Kentang kultivar IPB CP1 adalah jenis kentang yang khusus dibudidayakan untuk keripik kentang. Umbi kentang ini berbentuk bulat, berwarna putih, dengan permukaan umbi yang rata, dan ukuran yang besar. Umbi IPB CP1 memiliki kandungan pati yang tinggi dan kadar gula yang rendah, sehingga bila diolah menjadi keripik hasilnya renyah, tidak mudah gosong, dan gurih. Bibit IPB CP1 diproduksi dari tanaman in vitro, sehingga tahan terhadap penyakit, mempunyai produktivitas yang tinggi, dan cocok dibudidayakan di Indonesia.

Read More

Padi (Oryza sativa L.) merupakan komoditi pangan terpenting di Indonesia. Hingga saat ini produksi padi masih didominasi oleh lahan sawah irigasi. Di sisi lain, lahan kering masih tersedia untuk dimanfaatkan. Ketersediaan lahan kering dapat dimanfaatkan untuk meningkatkan produktivitas padi gogo. Padi gogo unggul baru Galur I5-10-1-1 dapat mencapai produktivitas 5,4 ton/ha, tahan penyakit blas, toleran naungan, dan memiliki rasa yang enak. Galur padi ini termasuk dalam golongan padi cere (bulir padi tidak berambut) dan merupakan turunan dari persilangan tetua Sigundil, Jatiluhur, dan Fatmawati.

Read More

Tiap tahunnya selalu terjadi kasus kematian massal ikan mas yang disebabkan oleh Koi Herpes Virus (KHV). Hal ini menjadi kendala besar dalam budidaya ikan mas. Vaksin untuk ikan mas yang beredar di pasaran pada umumnya memiliki risiko kematian ikan-ikan yang divaksin oleh efek samping, sehingga hasilnya tidak sepenuhnya efektif. Vaksin DNA anti-KHV adalah vaksin lokal yang berasal dari gen glikoprotein KHV setelah proses modifikasi gen. Vaksin ini diberikan pada ikan menggunakan metode injeksi, perendaman, atau melalui pakan, serta terbukti aman dan dapat memberikan proteksi yang baik. Tidak seperti beberapa obat ikan lainnya, vaksin DNA anti-KHV tidak meninggalkan residu berbahaya bagi ikan, lingkungan, maupun konsumen ikan.

Read More

Inovasi ini menawarkan proses pembuatan tempe dari kedelai Grobogan melalui proses germinasi. Proses germinasi kedelai meningkatkan terbentuknya komponen bioaktif, sehingga tempe yang dihasilkan memiliki khasiat tambahan dibandingkan dengan tempe konvensional. Tempe germinasi diolah menjadi tepung tempe agar lebih mudah dijadikan produk pangan akhir. Hasil pengujian menunjukkan bahwa tepung tempe Grobogan tergerminasi dapat menurunkan kadar kolesterol dan tekanan darah.

Read More

Ikan lele (Clarias sp.) Adalah ikan Indonesia yang populer. Budidaya ikan lele dihadapkan dengan masalah infeksi bakteri Aeromonas hydrophila. Inovasi berdasarkan penanda molekuler diterapkan untuk menghasilkan berbagai ikan lele yang tahan dari bakteri ini. Melalui uji tantangan untuk generasi kedua ikan lele, ikan lele yang tahan penyakit. Ikan yang dipilih memiliki tingkat kelangsungan hidup 77,2%, hampir dua kali lipat dibandingkan ikan lele biasa, dan tingkat pertumbuhan yang lebih baik.

Read More

Inovasi ini menawarkan proses pembuatan makaroni dari bahan mentah dengan kandungan gluten rendah seperti ubi ungu, tepung kedelai, tepung tapioka, dan ekstrak kayu manis. Makaroni bebas gluten ini juga kaya protein dan antioksidan. Makaroni ini juga mengandung raffinose dan stachyose, sehingga sangat cocok untuk penderita hiperglikemia dan hiperkolesterolemia.

Read More

“Rumpon” konvensional harganya mahal dan membutuhkan waktu produksi yang lama. Penggunaan daun kelapa sebagai penarik juga mengganggu ekosistem kelapa. Rumpon portabel dibangun di atas rumpon konvensional dengan menggunakan konsep respons ikan terhadap frekuensi suara tertentu. Cara ini lebih fleksibel karena dapat digunakan di berbagai tempat dan waktu. Hasil pengujian menunjukkan bahwa rumpon dapat menarik ikan dengan nilai ekonomi tinggi seperti tuna, cakalang, tuna, marlin.

Read More

Jamur Ganoderma boninense adalah hama yang mengancam banyak sawit dan tanaman kayu. Inovasi ini menghasilkan biofungisida dari proses hidrolisasi limbah jerami padi dan ampas tebu dalam reaktor anaerobik untuk menghasilkan pestisida yang ramah lingkungan dan efektif. Hasil pengujian menunjukkan bahwa biofungisida berbasis lignoselulosa ini dapat menghambat pertumbuhan jamur hingga 93,36%.

Read More

NutriBiskuit Moringa Clarias adalah produk camilan inovatif dengan kandungan nutrisi tinggi yang dapat difungsikan sebagai pasokan makanan alternatif selama situasi darurat, seperti bencana alam. Biskuit ini menggunakan daun kelor sebagai bahan baku lokal yang memiliki kandungan protein tinggi dan berbagai nutrisi lain seperti beta caroten, vitamin C, dan kalsium.

Read More