Inovasi penyimpanan isolat mikroalgae berfilamen Spirogyra sp. dilakukan untuk menjamin ketersediaan stok isolat. Penyimpanan isolat mikroalgae dilakukan dalam media agar (padat) dengan menggunakan dua metoda: gores (algae surface) dan pencampuran (algae mix). Setelah satu bulan mikroalgae masih mampu tumbuh dan berkembang, lebih lama dibandingkan cara penyimpanan dengan media cair, lagipula media BBM (Bold Basal Medium) yang diperlukan jauh lebih sedikit.

Read More

Water Based Mud (WBM) dan Oil Based Mud (OBM) dengan bahan aditif gliserol dan gliserol ester, yang selain merupakan drilling fluids ramah lingkungan dan biodegradable, juga merupakan stabilitor yang potensial dalam proses pemboran. Gliserol yang digunakan untuk formulasi WBM dan OBM adalah produk sampingan / limbah industri biodiesel yang diproses dengan pemurnian bertingkat sampai ke tingkat kemurnian 80% – 99%.

Read More

Rayap adalah hama yang sangat merusak bagi bangunan kayu, dan secara visual serangan rayap tidak terlihat. Inovasi ini adalah sistem deteksi rayap non-destruktif berdasarkan sinyal akustik, dengan akurasi 91,88%; memperbaiki tingkat akurasi metoda Lewis et.al (2004) sebesar 89,4% dan bersifat “agak” destruktif, karena kayu target perlu dikupas untuk pemasangan sensor akustik.

Read More

Pelembab bibir (lip balm) perlu mengandung antioksidan dan bahan aktif penghambat aktivitas radikal bebas, serta bisa mengatasi permasalahan bibir lainnya. Inovasi ini menawarkan formula/ komposisi rumput laut Sargassum sp. dan E. cottonii optimal untuk sediaan pelembab bibir. Pelembab yang dihasilkan memiliki nilai IC50 antioksidan sebesar 576,41 ppm; dan Loss on Drying 3,52%. Nilai pH 5,39 telah sesuai dengan SNI dan pH balance kulit normal manusia.

Read More

Bioetanol adalah bahan bakar alternatif kendaraan yang terbarukan, selain juga ramah lingkungan. Bahan baku untuk pembuatan bioetanol ini berasal dari limbah tanaman yang mengandung lignoselulosa. Kandungan lignin dari bahan berlignoselulosa didegradasi dengan teknik amobilisasi sel. Biomassa berlignoselulosa yang digunakan adalah tandan kosong kelapa sawit, limbah kayu, dan sekam.

Read More

Prinsip dasar perhitungan kebutuhan pupuk tanaman adalah berdasarkan keseimbangan nutrisi. Analisis tanah dan tanaman di laboratorium adalah metode yang paling banyak digunakan. Namun metode ini tidak praktis, tidak ekonomis dan memerlukan waktu yang lama. Invensi ini mengembangkan metode analisis penentuan dosis pupuk berbasis satelit yang memungkinkan akuisisi dan analisis data yang lebih cepat. Sistem ini menyediakan rekomendasi penggunaan jumlah pupuk yang mencerminkan prinsip pertanian presisi.

Read More

Budidaya tanaman kehutanan yang budidayanya masih terkendala oleh serangan patogen penyakit daun. Dengan analisis citra digital daun tanaman, dapat dilakukan identifikasi penyakit daun dengan cepat dan akurat, sehingga lebih efisien dan efektif dibandingkan dengan metoda pengujian dengan postulat Koch yang umum dipakai.

Read More

Inovasi ini berupa spatial data warehouse untuk mengelola data historis komoditas pertanian Indonesia dengan pendekatan analisis data multidimensi yang diintegrasikan dengan aplikasi Spatial Online Analytical Processing (SOLAP). SOLAP adalah aplikasi penunjang pengambilan keputusan, untuk menentukan komoditas yang sesuai untuk dibudidayakan di wilayah tertentu.

Read More

Algoritma Genetika adalah teknik optimasi multi-objektif (multi-kriteria) menirukan proses evolusi dan perubahan struktural genetik dalam organisme hidup. Optimasi multi-objektif adalah optimalisasi dengan lebih dari satu fungsi tujuan, dimana konflik antar fungsi bisa terjadi. Inovasi ini adalah tentang aplikasi Algoritma Genetika dalam mengoptimalkan luasan lahan sawit bagi industri biodiesel. Pemakaian biodiesel menggantikan bahan bakar fosil diharapkan dapat mengurangi emisi karbon. Namun, perluasan produksi biodiesel (sawit) akan menyebabkan perubahan tataguna tanah, yang justru bisa meningkatkan emisi karbon.

Read More

Inovasi ini berupa teknologi deteksi, klasifikasi dan kuantifikasi target bawah air menggunakan Quantitative Echo Sounder dengan antarmuka TCP/IP. Quantitative Echo Sounder menggunakan pulsa yang dikompresi dan fitur yang bersifat wide-ranging spectral, sehingga mampu untuk mendeteksi target bawah air secara akurat, mengklasifikasi target-target tersebut seperti penyelam, ikan, mamalia laut, atau target lainnya. Quantitative Echo Sounder dilengkapi dengan algoritma tracking dan output detector.

Read More